PENGERTIAN BAN
Ban adalah piranti yang menutupi velg (pelek) suatu roda. piranti ini merupakan
bagian penting dari kendaraan darat, karena berhubungan (bersentuhan) langsung
dengan permukaan jalan.
fungsi dari ban antara lain :
1. menopang seluruh berat kendaraan,
2. mengurangi getaran yang di sebabkan oleh ketidak teraturan permukaan jalan,
3. melindungi roda dari aus dan kerusakan
4. memberikan kesetabilan antara kendaraan dan tanah agar meningkatkan
kecepatan,
5. mempermudah gerakan.
ban yang ada sekarang kebanyakan diproduksi dari karet sintetik, meskipun
dapat pula menggunakan bahan lain seperti baja. munculnya ban diawali dari
penemuan charles goodyear pada tahun 1839, yaitu teknik vulkanisasi karet atau
karet tahan api. kemudian pada tahun 1845, thomson dan dunlop menciptakan ban
yang disebut ban berongga udara. dengan adanya perkembangan teknologi, charles
kington welch pun menemukan ban dalam. adapun ban luar ditemukan oleh william
erskine bartlett.
kendaraan berjalan di atas ban yang terisi udara. tekanan udara di dalam
ban dapat diukur dengan alat pengukur tekanan udara (air pressure). berdasarkan
pada tekanan udara, ban dapat digolongkan menjadi ban bertekanan tinggi (high
pressure), ban tekanan rendah (balloon tire), dan ekstra ban tekanan rendah
(extra low pressure).
ban tekanan tinggi memiliki tekanan udara 4,22kg/cm2 sampai dengan
6,32kg/cm2 (60 -90 psi). ban tersebut dilengkapi dengan case yang tebal untuk
menahan beban berat.
ban dengan tekanan rendah mempunyai tekanan udara 2,10 sampai dengan
2,53kg/cm2 (30 - 36 psi), luas penampangnya kira kira dua kali lebih besar dari
ban tekanan tinggi, luas permukaan yang bersinggungan dengan jalan lebih besar.
Karena volume udara lebih besar dan tekanannya rendah, maka efek empuknya lebih
baik.
Ban tekanan ekstra rendah memiliku tekanan udara 1,00 sampai 2,10kg/cm2 (14
- 30 psi) dan digunakan terutama pada mobil penumpang.
KONSTRUKSI BAN
Ban pompa (pneumatic) terdiri atas ban luar dan ban dalam.
a. Telapak ban (tread)
Tread adalah bagian karet paling tebal dari ban luar yang bersinggungan
langsung dengan permukaan jalan. Tread terbuat dari karet empuk dan mempunyai
daya tahan tinggi terhadap kejutan. Dengan demikian fungsi tread yaitu untuk
melindungi ban dari benturan, tusukan objek dari luar yang dapat merusak ban.
Berbagai macam bentuk dibuat di bagian luar permukaan ban untuk mencegah selip.
Misalnya , dengan membuat banyak pola seperti pattern
b. Carcass
Carcass merupakan rangka dari bam luar. Carcass ini harus dapat tahan
terhadap tekanan tinggi dan deformasi yang disebabkan adanya perubahan beban
dan tumbukan tumbukan. Carcass terbuat dari lapisan lapisan sutera atau nilon
silang menyilang dan membentuk sebuah selimut dengan karet yang tahan panas.
c. Breaker
Breaker merupakan karet lembut yang melengkapi bagian dalam tread. Breaker
dan belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil,
sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread
dan casing. Fungsinya untuk melindungi serta meredam kejutan kejutan dari
luar/benturan yang terjadi pada tread, agar tidak langsung diserap oleh casing.
d. Bead
Bead adalah bagian yang dipasangkan atau direkatkan pada rim pelek.
Beberapa buah kawat (bundelan kawat) yang cukup kokoh disebut bead wires
dipasangkan di bagian bead. Pada setiap kawan dilapsi dengan karet (semi hard
rubber)..
e. Sidewall
Sidewall adalah lapisan karet yang menutupi bagian samping ban dan
melindungi carcass terhadap kerusakkan dari luar. Sebagian ban yang paling
besar dan paling fleksibel, sidewall secara terus menerus melentur di bawah
beban yang dipikulnya selama berjalan. Pada sidewall tercantum nama pembuat,
ukuran ban, beserta informasi lainnya.
f. Ban dalam (tube)
Ban dalam yang merupakan kantong udara berbentuk donat. Ban dalam ini
terbuat dari karet yang dapat menyimpan udara tanpa kebocoran, mempunyai daya
elastik yang tinggi, dan tahan terhadap panas.
g. Katup udara
Katup udara (air valve) adalah lubang untuk memasukkan udara ke dalam ban
dalam. Pentil (valve cover) dipasangkan pada katup udara, yang tidak
memungkinkan udara dapat keluar
h. Casing
Casing adalah lapisan
pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan
agar dapat menyangga ban
0 komentar:
Posting Komentar