Sabtu, 25 Oktober 2014
Macam Warna Kabel Body Sepeda Motor Beserta Fungsinya
Dalam perawatan
sepeda motor , kita tidak hanya memikirkan masalah perawatan permesinan saja
pada kendaraan kita,ada juga yang tidak kalah penting yaitu perawatan
Komponen Kelistrikan pada sepeda
motor kita. Motor
yang kita pakai sehari-hari memiliki komponen elektrikal yang memiliki banyak
fungsi. Mulai membantu ketika akan menghidupkan motor, sampai untuk penerangan
ketika malam hari. Setiap Kabel mempunyai warna sesuai dengan fungsinya
masing-masing
Fungsi kabel sendiri adalah untuk menghubungkan listrik dari
komponen satu ke komponen kelistrikan lainnya. terkadang kita harus mengerti arti/fungsi dari warna–warna kabel
kelistrikan pada sepeda motor.Arti warna kabelsepeda motor pada setiap merek kadang berbeda-beda.kalau kita salah
menhubungkan kabel tersebut berakibat Fatal bisa mengakibatkan konslet dan
terbakar.Berikut adalah penjelasan arti
warna kabel kelistrikan pada sepeda motor Yamaha dan Honda :
Berikut ini arti
warna kabel kelistrikan pada sepeda motor :
1. HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku
untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator
pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke
saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting
kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem
2. YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku
untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban
penerangan
Merah : (+) arus positif dari
aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban
(penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem
3. SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa,
berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian
dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+)
penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke
CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting
kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri
4. KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa,
berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting
kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson
Namun
terkadang tidak jarang kita menemui kabel warna yang tidak sesuai dengan fungsi
dasar yang telah distandarisasi dari pabrikan asal motor,hal ini terjadi
dikarenakan penggantian kabel yang tidak sesuai warna asalnya yang dilakukan oleh
mekanik perbaikan motor sebelumnya, oleh karena itu bila menemui kejadian seperti
hal tersebut kita dapat menggunakan alat MultiTester untuk menentukan kabel
yang terhubung ke komponen serta sekaligus dapat mengecek hubungan kebel yang
telah terputus,kabel yang sebenarnya,Demikianlah info dan penjelasan yang
kami berikan tentang arti dan fungsi dari warna kabel pada
kelistrikan sepeda motor kita ,semoga bisa membantu anda dalam merawat
kelistrikan pada motor anda semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
10 komentar:
gan kalo kabel body di gigit tikus untuk yamaha r25 kira kira harga brp ya ? :( makasih info email shandy.theo@yahoo.com ya makasih sekali lagi
agan baim ; mungkin yg eror tempat kunci kontaknya gan.
kabel kontake bos ... gon soket e
Gan, lampu ane mati yg depan Jauh sama dekatnya.
Lampu blakang nyala, lampu spedo nyala, lampu sein dan klakson nyala, lampu kota juga nyala. Apanya yg salah ya gan?
Gan, lampu ane mati yg depan Jauh sama dekatnya.
Lampu blakang nyala, lampu spedo nyala, lampu sein dan klakson nyala, lampu kota juga nyala. Apanya yg salah ya gan?
Gan, lampu ane mati yg depan Jauh sama dekatnya.
Lampu blakang nyala, lampu spedo nyala, lampu sein dan klakson nyala, lampu kota juga nyala. Apanya yg salah ya gan?
Broo gw ada masalah sama jupiter mx tolong bantu yaa...
Waktu kontak on kenapa aki langsung drop lampu yg di dasbord mati semua kick starter juga gak bisa harus di genjot....
Dan waktu motor mesin nyala lampu dasbord nyalla tapi...klakson bleret bunyi kecil dan serak,waktu di rem lampu dasbord ngedip semua kaya kurang tegangan...
Kiprok sudah ganti baru,aki oke..apa cdi yg lemah apa gimana gan....cdi lemah cirinya gimana sihhh....
Masalahnya kira2 apa gan...thanks..
Sangat membantu min, untuk bro sis yang suka dengan otomotif bisa main main ke pecandumotor untuk belajar tentang arti warna kabel body yamaha
Gan bisa bantu bikin kan kabel body honda astrea grand 91 seperti ori kah soalnya cari wilyah samarinda ampun deh tidak ada yang jual lagi
Joos
Posting Komentar