Rabu, 15 Oktober 2014
Karburator Sepeda Motor(komponen dan fungsinya)
Fungsi karburator adalah tempat bercampurnya bahan bakar dan udara dalam
ukuran yang tepat (sesuai kebutuhan) untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang
pembakaran (silinder) dalam bentuk kabut. Apabila karburator tidak bekerja dengan
baik akan menyebabkan sepeda motor kurang tenaga, boros bahan bakar, bahkan
dapat menyebabkan mesin sepeda motor tidak dapat dihidupkan. Selain itu,
pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas. Kinerja
karburator tidak baik ditandai dengan knalpot mengeluarkan asap yang tidak
normal.
Bagian – bagian Karburator serta Fungsinya.
· Ruang Pelampung Karburator ( float
chamber )
Menampung sementara bahanbakar dari
tangki sebelum di proses (dialirkan ke ruang pembakaran)
· Pelampung ( floater )
Mengatur bahan bakar dalam ruang
pelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke
ruang pembakaran.
· Jarum katup pelampung ( needle
valve/floater valve )
Menutup saluran suplai bahan bakar dari
tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh.
· Katup gas/skep ( throttle valve )
Mengatur jumlah campuran bahan bakar
dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang pembakaran ( silinder ).
· Jarum gas / jarum skep ( Jet needle )
Mengatur jumlah campuran bahan bakar
dengan udara yang masuk melalui spuyer ketika motor digas dengan pembukaan
katup ¼ sampai dengan ¾.
· Pegas/ per skep ( throttle valve
spring )
Mengembalikan posisi skep pada posisi
terendah saat kabel gas dolepas (tidak digas).
· Pemancar jarum ( main nozzle / needle
jet )
MEMANCARKAN BAHAN BAKAR WAKTU MOTOR DIGAS, BESARNYA
DIATUR OLEH TERANGKATNYA JARUM SKEP.
· Pemancar utama ( main jet / spooyer )
Memancarkan bahan bakar pada waktu
putaran tinggi (Kabel gas ditarik penuh)
· Pemancar kecil / stationer ( slow
jet/pilot jet )
Memancarkan bahan bakar ketika motor
dalam keadaan langsam / stationer /idle.
· Sekerup / baut udara ( air screw )
Mengatur jumlah udara yang bercampur
dengan bahan bakar.
· Sekerup / baut gas ( throttle screw )
Mengatur posisi pembukaan katup/skep
untuk posisi langsam ( stationer )
· Katup cuk ( choke valve )
Menutup saluran udara yang masuk ke
karburator agar terjadi percampuran kaya untuk sementara.
Digunakan apabila menghidupkan mesin
dalam keadaan dingin.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Makasih bang .... Membantu banget 😄
maaf saya mau tanya, kalo di main jet ama pilot jet itu kan ada nomor nya,, arti nya apa ya bang, apa panjang nya, lebar nya apa diameternya,, trims :)
Posting Komentar